Senin, 26 November 2012

Flooring





5 Alasan Utama Kenapa Kami Menyarankan Anda Untuk Memakai Lantai Kayu Parket/Parquet


1. Lantai kayu parket/parquet sebagai penstabil  suhu, hangat dikala dingin dan adem dikala panas.
2. Lantai kayu parket/parquet dapat menambah nilai estetika dan memberikan cita rasa seni serta kealamian pada ruangan Anda.
3. Saat Anda terjatuh langsung ke lantai, Anda tidak akan mengalami benturan yang terlalu keras karena lantai kayu parket/parquet lebih empuk dibanding tembok/keramik. Inilah alasan mengapa lapangan basket, futsal dan bulu tangkis (indoor) menggunakan lantai kayu parket/parquet karena pada saat para pemain terjatuh, mereka tidak akan mengalami luka yang serius. Disamping itu juga lantai kayu parket/parquet tidak licin.Sebuah cara untuk melakukan relaksasi yang sudah teruji selama berabad-abad dapat dilakukan dengan tiduran langsung dilantai yang berkhasiat untuk melenturkan otot-otot yang kaku dan tulang-tulang yang pegal terutama dibagian tulang punggung.
4. Lantai kayu parket/parquet sanggup memberikan kenyamanan pada relaksasi Anda tanpa menimbulkan masuk angin seperti duduk-duduk atau tiduran dilantai tembok/keramik. Sampai saat ini pun terutama masyarakat Jepang masih memegang teguh tradisi ini.
5. Lantai kayu parket/parquet mudah untuk dibongkar pasang.

                                        
 


Lantai kayu parket/parquet ada 3 macam pilihan bahan yaitu: Solid, solid engineered dan laminate.
Lantai kayu parket/parquet solid adalah bahan material yang terbuat dari 100% kayu utuh serta kayu yang kuat, keras dan memiliki serat yang indah sehingga cocok digunakan untuk lantai. Kayu-kayu tersebut antara lain: Jati, merbau, ulin, kempas, sonokeling dsb.
Dipabrik proses pembuatan parket solid melalui tahapan pertama-tama kayu yang masih gelondongan digesek/dibelah-belah menggunakan mesin sehingga terbentuk papan-papan, kemudian dipilih berdasarkan kriteria dan dipotong-potong sesuai dengan ukuran tebal, lebar dan panjang yang diinginkan. Kayu yang sudah dipotong-potong dimasukkan kedalam mesin oven untuk menyerap cairan yang masih tersimpan didalamnya guna menjadikan kayu lebih keras dan sulit memuai, kemudian kayu tersebut diserut halus disemua permukaan sehingga menghasilkan kayu yang mulus. Nah, sampai disini kayu sudah bisa dipasarkan dengan sebutan "Lam parquet" karena sudah layak untuk dipasang dilantai. Anda hanya perlu mem-finishingnya setelah parket tersebut terpasang dengan rapi.
Namun sejatinya lantai kayu parket/parquet memiliki sejenis lidah dan mulut/tongue & groove (T&G) pada keempat sisinya, ini berguna untuk mengunci/lebih merekatkan antara batangan satu dengan batangan lainnya pada saat pemasangan, sehingga pabrik dapat membentuk T&G pada parket solid yang sudah berbentuk Lam menggunakan mesin khusus. Setelah itu pabrik menyediakan parket/parquet solid yang belum difinishing dan yang sudah difinishing menggunakan teknologiUltra Violet (UV). Jadi apabila Anda membeli parket/parquet solid baik itu berbentuk Lam maupun T&G yang belum difinishing sudah pasti harganya lebih murah dibanding dengan yang sudah difinishing, namun setelah parket/parquet tersebut terpasang dengan rapi Anda perlu mengeluarkan biaya lagi untuk finishing yang biasanya menggunakan melamik dan seringkali biaya yang dikeluarkan lebih besar dibanding membeli parket solid yang sudah difinishing pabrik. Selain itu jika Anda membeli parket solid yang sudah difinishing pabrik ini akan memudahkan Anda karena Anda hanya perlu memasangnya dengan rapi, kelebiha lain dari parket solid yang sudah difinishing pabrik adalah jenis finishingnya lebih tahan gores dan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan bau sehingga aman untuk kesehatan.
Lantai kayu parket/parquet solid engineered masuk dalam kategori parket/parquet olahan karena terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang berbeda namun memiliki bentuk T&G dan ukuran serta jenis finishing yang sama dengan parket solid finishing pabrikan. Yang terpenting pada parket/parquet jenis ini adalah lapisan paling atas atau permukaan yang ketebalannya antara 3mm-5mm dengan menggunakan jenis kayu yang kuat dan memiliki serat yang indah namun lapisan-lapisan bawahnya menggunakan jenis kayu yang tidak terlalu kuat/keras sehingga harganya pun lebih terjangkau. Kelebihan parket olahan jenis solid engineering ini dibanding dengan parket olahan lainnya adalah lebih stabil karena sulit memuai meski tergenang air sekalipun, ini karena lapisan-lapisan tipisnya yang merekat dengan sangat kuat.
Dan yang terakhir lantai kayu parket/parquet jenis laminate atau biasa di sebut juga bahan High Density Fibreboard (HDF). Teknologi ini berasal dari Jerman, ini terbuat dari serbuk kayu halus yang diberi lem lalu di press dengan kuat menggunakan mesin khusus sehinnga menghasilkan bentuk serta ukuran sesuai dengan yang diinginkan, lalu bagian paling atas/pemukaan dilapis bahan laminate anti gores dengan bebagai macam motif menyerupai serat kayu asli dan bagian paling bawah dilapis bahan laminate bermotif polos yang kegunaan utamanya untuk menahan air supaya tidak tembus kedalam bahan HDF sehingga parket olahan ini dapat tahan lama. Kelebihan parket/parquet laminate ini selain harganya lebih terjangkau dibanding parket solid adalah pemasangannya lebih mudah, tanpa harus menggunakan lem karena terbentuk "click system" pada setiap batangannya sehingga suatu saat apabila Anda ingin membongkarnya kembali untuk dipindahkan keruangan lain Anda tidak perlu susah-susah mencungkilnya karena Anda cukup mengangkat batangannya dari bagian paling pinggir setelah itu akan terbuka semuanya.
Setiap jenis parket/parquet memiliki accessoriesnya masing-masing sehingga akan tampak "matching" sesuai dengan bahan yang terpakai.
Jadi, pastikan Anda memilih produk lantai kayu parket/parquet yang berkualitas dan memakai jasa pemasangan yang sudah teruji dengan baik. 

                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar